Selasa, 21 April 2020

MINUM AIR PUTIH 8 GELAS PER HARI

JAGA DIRI DAN KELUARGA DARI COVID 19 
MELALUI GERMAS (dalam Bahasa Agama)

(edisi ke-7: Minum Air Putih  8 Gelas Per Hari)

Oleh: Alfiatu Solikah, S. Ag., M.Pd.I.



Langkah pencegahan covid-19 yang ke-7 adalah minum air putih 8 gelas per hari. Sebagai umat beragama, alangkah lebih baik dan bernilai ibadah tatkala kita melaksanakan anjuran pemerintah sekaligus melaksanakan perintah agama dengan memperhatikan etika minum yang benar sesuai dengan tuntunan syari’at Islam.

Adapun etika minum yang diajarkan Rosulullah saw adalah sebagai berikut:
1.     Mengucapkan Basmallah sebelum minum
2.     Mengucapkan Hamdallah setelah minum
إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا
“Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang menikmati makanan lalu memuji Allah sesudahnya atau meneguk minuman lalu memuji Allah sesudahnya.” (HR. Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi)
3.     Menggunakan tangan sebelah kanan
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلَا يَأْكُلْ بِشِمَالِهِ وَ إِذَا شَرِبَ فَلَا يَشْرَبُ بِشِمَالِهِ وَ إِذَا أَخَذَ فَلَا يَأْخُذُ بِشِمَالِهِ وَ إِذَا أَعْطَى فَلَا يُعْطِي بِشِمَالِهِ
“Apabila seseorang di antara kalian makan maka janganlah ia makan dengan tangan kirinya. Apabila ia minum maka janganlah ia minum dengan tangan kirinya. Apabila ia mengambil (sesuatu dari orang) maka janganlah ia mengambilnya dengan tangan kirinya. Dan apabila ia memberi (sesuatu) maka janganlah ia memberinya dengan tangan kirinya.” (HR Ahmad)
 4.     Tidak meniup minuman
إِذَا شَرِبَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَتَنَفَّسْ فِي الإِنَاءِ، وَإِذَا أَتَى الخَلاَءَ فَلاَ يَمَسَّ ذَكَرَهُ بِيَمِينِه
“Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan (HR. Bukhari)
Mengapa hal itu tidak boleh dilakukan? Karena dikhawatirkan akan mengotori air minum atau ada sesuatu yang jatuh dari mulut atau dari hidung atau semacamnya.
5.     Minum Sambil Duduk
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- : لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدُكُمْ قَائِمًا فَمَنْ شَرِبَ قَائِمًا فَلْيَسْتَقِئْ. )رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِى الصَّحِيحِ(
Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Jika ia minum sambil berdiri, maka muntahkanlah!” (H.R. Muslim dalam Kitab Shahihnya).
6.     Tidak boleh berbicara
7.     Tidak boleh tergesa-gesa
8.     Tidak boleh makan sambil berjalan
9.    Tidak berlebihan / sesuai dengan kebutuhan.
وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ
Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan (al A’raf: 31).

Sabda Nabi Muhammad SAW :
ما ملأ آدميٌّ وعاءً شرًّا من بطن، بحسب ابن آدم أكلات يُقمن صلبَه، فإن كان لا محالة، فثُلثٌ لطعامه، وثلثٌ لشرابه، وثلثٌ لنفَسِه
“Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihkannya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga lagi untuk bernafas” (HR At-Tirmidzi (2380), Ibnu Majah (3349), Ahmad (4/132), dan lain-lain. Hadits ini dinilai shahih oleh Al-Albani dalam As-Silsilah Ash-Shahihah (2265)
10.  Tidak membicarakan hal-hal buruk

Selama ini banyak orang yang tidak menyukai air putih, hal itu dikarenakan air putih tersebut banyak  tidak berasa dan tidak berwarna. Bagi yang tidak terbiasa minum air putih, mereka akan merasakan mual dan perih pada bagian lambung dan tenggorokannya. Banyak fakta yang ditemukan di lapangan jika banyak orang yang tidak hobi untuk minum air putih. Padahal dalam dunia medis, minum banyak air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kandungan yang ada di dalam air putih adalah mineral yang tinggi dan kadar air yang tinggi. Sehingga air yang baik dan sehat bisa membuat tubuh tetap terjaga asupan cairannya. Sedangkan air putih yang tidak sehat dan hanya sedikit tidak akan cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat keringat.

Manfaat banyak minum air putih ini sangat banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Melancarkan sistem pencernaan. Cairan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa melancarkan pencernaan sehingga,  jika pencernaan lancar maka nutrisi yang terserap ke dalam tubuh semakin cepat dan banyak.
  2. Meningkatkan metabolisme. Manfaat air putih juga bisa meningkatkan metabolisme, metabolisme yang meningkat itu bisa membuat anda merasakan kenyang.
  3. Penambah tenaga. Orang yang terhindar dari dehidrasi akan memiliki banyak tenaga dibandingkan dengan orang yang mengalami dehidrasi.
  4. Meningkatkan konsentrasi. Otak yang mendapatkan cukup air dan oksigen, air dan oksigen yang masuk ke dalam otak bisa membuat otak tetap konsentrasi.
  5. Penurun stress. Ketika dehidrasi dan mengalami kehausan, tubuh dan pikiran pun akan menjadi stress.
  6. Melemaskan otot. Air putih juga bisa bermanfaat untuk otot. Otot sendi yang terlumasi maka sendi pun tidak akan mudah merasakan nyeri dan tidak akan mudah merasakan sakit.
  7. Melembabkan kulit. Kandungan mineral yang ada di dalam air putih bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Cairan mineral yang ada di dalam air putih juga bisa menutrisi sel-sel kulit sehingga kulit akan terjaga kelembabannya.
  8. Mencegah keriput. Manfaat banyak minum air putih mengatasi kulit kering yang bisa menyebabkan kulit jadi mudah keriput. Hal itu dikarenakan kulit yang kering bisa menimbulkan kerutan-kerutan di wajah dan kulit.
  9. Menyehatkan Jantung. Air putih bisa melancarkan aliran darah menuju ke jantung, jika aliran darah ke jantung lancar maka jantung pun akan sehat.
  10. Pencegah sakit kepala. Air putih yang dikonsumsi bisa digunakan untuk mencegah dan menahan sakit kepala berupa migrain. Jangan langsung mengkonsumsi obat saat sakit kepala mulai menyerang. Ada baiknya untuk mencoba manfaat banyak minum air putih minimal tujuh gelas dalam sehari bisa meredakan sakit kepala. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas of Masstricht di Belanda bisa meredakan sakit kepala seperti migrain dalam 21 jam.
  11. Otak semakin tajam. Otak yang kekurangan cairan bisa mengakibatkan otak kekurangan oksigen. Oksigen yang kurang di dalam otak bisa membuat otak kurang tajam dan kurang konsentrasi.
  12. Obat flu dan batuk. Manfaat minum air hangat bisa digunakan sebagai obat flu dan batuk karena flu dan batuk bisa diredakan dengan air putih hangat.
  13. Membantu dalam mengeluarkan keringat. Ketika minum-minuman panas akan membuat tubuh menjadi berkeringat. Orang yang berkeringat akan muda dalam mengeluarkan toksin-toksin di dalam tubuh.
  14. Mengatasi nyeri saat menstruasi. Minum air putih yang banyak bisa digunakan untuk mengatasi nyeri akibat kram menstruasi tersebut.
  15. Mengatasi gangguan kulit. Gangguan kulit itu misalnya saja adalah psoriaris. Hal itu dikarenakan gangguan kulit bisa disebabkan oleh dehidrasi. Dehidrasi yang ekstrim bisa membuat kulit menjadi terganggu kesehatan dan kelembabannya.
  16. Menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa disebabkan oleh kekurangan cairan di dalam tubuh. Tubuh yang mengalami dehidrasi bisa terkena berbagai macam penyakit, antara lain Covid-19.
  17. Menyeimbangkan getah bening. Cairan yang masuk digunakan untuk melancarkan sistem kerja getah bening. Jika getah bening bisa bekerja secara maksimal, tubuh bisa memiliki manfaat untuk melawan berbagai macam infeksi yang bisa mengganggu atau menurunkan kualitas kesehatan tubuh.
  18. Penyeimbang berat badan. Air yang masuk ke dalam tubuh melancarkan pencernaan dan membuat rasa kenyang lebih lama. Jika sudah begitu, keinginan tubuh untuk makan dengan porsi yang berlebihan dan melakukan ngemil bisa dihindari.
  19. Ginjal sehat. Air putih lebih bisa diterima ginjal dibandingkan dengan minuman yang mengandung soda, pewarna, pemanis buatan dan masih banyak lagi lainnya.
  20. Membuat usus lebih sehat. Air putih yang sehat bisa bermanfaat untuk membuang kotoran dan racun yang melekat di usus.
  21. Menyeimbangkan tubuh. Saat kekurangan cairan, keseimbangan organ di dalam tubuh akan terganggu. Oleh sebab itu mengkonsumsi air putih bisa digunakan sebagai penyeimbang organ di dalam tubuh agar bisa bekerja secara maksimal (Sumber: Manfaat Air Putih, Kemenkes) 




Bersambung: Langkah Ke-8
(Makan makanan yang dimasak sempurna 
dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan) klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keutamaan Haji Mabrur

  Amalan Paling Utama حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ وَمُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ قَالَا حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سَعْدٍ قَالَ حَدَّثَ...