PENGANTAR
Berikut
ini beberapa contoh Instrumen penilaian, yang meliputi :
1.
Contoh
Instrumen Penilaian Kompetensi sikap, yang terdiri dari :
a.
instrumen
penilaian Observasi
b.
instrumen
penilaian Jurnal
c.
instrumen
penilaian Penilaian Diri
d.
instrumen
penilaian Penilaian antar teman
2.
Contoh
Instrumen Penilaian Kompetensi pengetahuan yang terdiri dari :
a.
Tes tulis
b.
Tes lisan
c.
Penugasan
3.
Contoh
Instrumen Penilaian Kompetensi Ketrampilan, yang terdiri dari :
a.
Tes Praktek
b.
Proyek
c.
Portofolio
Seluruh
contoh instrument ini, mengacu pada :
Mata
Pelajaran : Agama & Budi
Pekerti
Kelas : XII
Kompetensi
Inti :
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23
dan hadits terkait
Semoga bermanfaat.
Amin ya Robbal ‘alamin.
1.
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DENGAN :
A. OBSERVASI
Lembar observasi
bentuk daftar cek (check list) untuk Menunjukkan
perilaku hormat dan berbakti kepada guru
No
|
Aspek yang diukur
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Memberi
salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta
menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
|
|
|
2
|
Bersikap
hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.
|
|
|
3
|
Berbuat
baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
kepada guru.
|
|
|
4
|
Menyenangkan
dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
|
|
|
5
|
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
|
|
6
|
Bertanya
kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
|
|
7
|
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau
yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
|
|
|
8
|
Menegur
guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
|
|
9
|
Mengunjungi
guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
|
|
|
10
|
Mendo`akan
guru
|
|
|
Jika diwujudkan dalam bentuk skala penilaian, maka harus dibuat kriteria dari tiap skala yang dibuat untuk setiap indikator. Misal skor 1 jika tidak muncul, skor 2 jika sudah muncul tetapi salah, skor 3 jika sudah muncul tetapi belum sempurna/lengkap, dan 4 bila muncul/dilakukan dengan sempurna.
Lembar Observasi Hormat Kepada Guru
Nama : .................................................
No. Absen :
................................................
Kelas : XII
No
|
Aspek yang diukur |
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Memberi
salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya
dengan wajah yang tersenyum
|
|
|
|
|
2
|
Bersikap
hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.
|
|
|
|
|
3
|
Berbuat
baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
kepada guru.
|
|
|
|
|
4
|
Menyenangkan
dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
|
|
|
|
|
5
|
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
|
|
|
|
6
|
Bertanya
kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
|
|
|
|
7
|
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau
yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
|
|
|
|
|
8
|
Menegur
guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
|
|
|
|
9
|
Mengunjungi
guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
|
|
|
|
|
10
|
Mendo`akan
guru
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Keterangan skor :
1 = Tidak Pernah
2 = Kadang-kadang
3 = Sering
4 = Selalu
Pengolahan
Nilai :
Skor
yang dicapai peserta didik dapat diolah menjadi nilai sebagai berikut.
N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100.
B. JURNAL
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Judul
|
|
|
|
Jelas
= 3
Kurang
jelas = 2,
Tidak
jelas = 1
|
2.
|
Abstrak
|
|
|
|
Jelas
= 3
Kurang
jelas = 2,
Tidak
jelas = 1
|
3.
|
Pendahuluan
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
4.
|
Landasan
Teori
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
5.
|
Bahan
|
|
|
|
Lengkap
= 3
Kurang
= 2
Tidak
lengkap = 1
|
6.
|
Methode
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
7.
|
Hasil
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
8.
|
Pembahasan
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
9.
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
10
|
Daftar Pustaka
|
|
|
|
Akurat
= 3
Kurang
= 2
Tidak
akurat = 1
|
Jumlah
|
|
|
|
|
N = (Skor
pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 30 ) x 100
N = 30/30 x 100
N = 100
PENILAIAN DIRI
Instrumen Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Nama : .................................................
No. Absen :
................................................
Kelas : XII
No
|
Indikator
|
Kriteria Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Memberi
salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya
dengan wajah yang tersenyum
|
|
|
|
|
2
|
Bersikap
hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.
|
|
|
|
|
3
|
Berbuat
baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
kepada guru.
|
|
|
|
|
4
|
Menyenangkan
dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
|
|
|
|
|
5
|
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
|
|
|
|
6
|
Bertanya
kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
|
|
|
|
7
|
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau
yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
|
|
|
|
|
8
|
Menegur
guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
|
|
|
|
9
|
Mengunjungi
guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
|
|
|
|
|
10
|
Mendo`akan
guru
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Keterangan skor :
1 = Tidak Pernah
2 = Kadang-kadang
3 = Sering
4 = Selalu
Kediri,…Juni 2013
(________________________)
Nama terang &
tanda tangan
Pengolahan Nilai :
Skor yang dicapai peserta didik dapat diolah menjadi nilai sebagai
berikut.
N = (Skor pencapaian : Skor
maksimal) x 100
B.
PENILAIAN ANTAR TEMAN (PEER
ASSESSMENT)
Jika kemudian lembar observasi ini dilakukan oleh siswa
sesama anggota kelompok, akan dapat diubah menjadi lembar penilaian antar teman
(peer assessment) dalam format sebagai berikut.
Petunjuk
:
1.
Amatilah
perilaku temanmu dengan cemat !
2.
Setiap hal yang dinilai diberi nilai
berupa :
-
Angka 9-10 bila kamu nilai baik
-
Angka 7-8 bila kamu nilai cukup
-
Angka 5-6 jika kamu rasa jelek
3.
Berilah nilai pada dirimu sendiri,
sehingga cantumkan namamu pada nomor pertama, baru kemudian berilah nilai
kepada temanmu
4.
Jumlahlah seluruh nilai yang telah
kamu berikan untuk masing-masing anggota dalam kelompokmu!
5.
Serahkan
hasil pengamatan kepada bapak/ibu guru !
Lembar penilaian antar teman (peer
assessment)
terhadap perilaku hormat dan berbakti kepada guru
No
|
Nama siswa |
Hal
yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
(Nama siswa yang bersangkutan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
(Nama siswa yang lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
(Nama siswa yang lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
(Nama siswa yang lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
(Nama siswa yang lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan hal yang dinilai:
1.
|
Memberi
salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta
menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
|
2.
|
Bersikap
hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.
|
3.
|
Berbuat
baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
kepada guru.
|
4.
|
Menyenangkan
dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
|
5.
|
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
6.
|
Bertanya
kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
7.
|
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau
yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
|
8.
|
Menegur
guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
9.
|
Mengunjungi
guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
|
10.
|
Mendo`akan
guru
|
2.
CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PAI DENGAN :
A.
TES TULIS
1)
Berbentuk Pilihan Ganda, contohnya :
Pilihlah
Jawaban yang Paling Benar, dengan
memberi Tanda silang (X), pada huruf didepannya !
1.
Dalam
kehidupan, ada orang yang paling berjasa selain orang tua, Siapakah dia ?
A.
Kakek
/ Nenek
B.
Dokter
Penolong kelahiran kita
C.
Saudara
D.
Guru
2.
Salah
satu dari keindahan ajaran Islam adalah bahwa Islam mengajarkan kepada setiap
pemeluknya untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan atas muslim yang kita
yang kita jumpai. Untuk itu, apa yang kita ucapkan jika kita bertemu dengan
guru kita ?
A.
Takbir
B.
Salam
C.
Tahlil
D.
Tahmid
3.
Agar pertemuan anda dengan guru diampuni
(dosa-dosanya) sebelum berpisah, maka yang harus dilakukan disaat bertemu
dengan guru adalah :
A.
Menatapnya dengan senyum ta’dhim
B.
Menganggukan kepala sebagai tanda sapa
C.
Berjabat tangan
D.
Mendoakannya
4.
Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah
berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ
تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
Maka bagaimanakah tatakrama Anda kepada guru ?
A.
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak
ada faedahnya
B.
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang
belum dimengerti dengan cara baik
C.
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan
cara yang penuh hormat
D.
Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan
hati yng ikhlas, perasaan
5.
Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan
Al-Anbiya’ : 7 Alloh berfirman :
فَاسْأَلُوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ
لاَ تَعْلَمُوْنَ
Arti ayat tersebut adalah :
A.
“Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para
ulama ) bila kamu tidak tahu.”
B.
“Wahai
orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan sesuatu yang bila dijawab
niscaya akan menyusahkan kalian.”
C.
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah
selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan
sebaik-baiknya.
D.
“Mengapa mereka tidak bertanya ketika tidak tahu ? Bukankah
obat dari ketidaktahuan adalah bertanya ?”
6.
Manusia
adalah tempatnya salah dan lupa. Bagaimanakah sikap Anda jika mengetahui guru
yang berbuat salah / lupa ?
A.
Menghormatinya
B.
Menasehatinya
C.
Membiarkannya
D.
Menegur guru dengan cara yang penuh hormat
7.
Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan
hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan
bermanfaat bagi kita sendiri. Murid yang sopan dan rendah hati akan mudah
mendapatkan ilmu dan mendapatkan ……
A.
Hidayah
B.
Taufiq
C.
Kecerdasan
D.
Manfaat
ilmu
8.
Guru adalah orang yang sangat besar jasanya
dalam membangun diri kita. Apakah yang Anda lakukan untuknya disaat Anda
selesai mengerjakan sholat ?
A.
Belajar
B.
Membaca Al-Qur’an
C.
Mendoakan guru
D.
Mempraktekkan ilmu yang telah didapat dari guru
9.
Ada
beberapa hal sebagai wujud hormat kita kepada guru. Salah satunya adalah :
A.
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam
sehat maupun sakit
B.
Sering
bertanya meskipun melalui SMS
C.
Selalu
menjabat tangan guru dalam satu pertemuan
D.
Saat
guru lupa, kita membiarkan dan tetap menghormatinya
10.
Berikut ini adalah beberapa cara kita berbakti
kepada guru, kecuali :
A.
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan
menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
B.
Bersikap hormat dan sopan santun kepada
guru dalam segala hal
C.
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah
lembut
kepada guru
D.
Menyenangkan guru, dengan mengirim SMS humor
Kunci Jawaban :
1.
D.
Guru
2.
B.
Salam
3.
C. Berjabat tangan
4.
A. Menghindari pertanyaan-pertanyaan
yang tidak ada faedahnya
5.
A. “Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para
ulama ) bila kamu tidak tahu.”
6.
D. Menegur guru dengan cara yang penuh hormat
7.
D.
Manfaat ilmu
8.
C. Mendoakan guru
9.
A. Mengunjungi guru / bersilahturahim baik
dalam sehat maupun sakit
10.
D. Menyenangkan guru, dengan mengirim SMS humor
Skor
Nilai :
Nilai = Jumlah Jawaban yang benar x 10
2)
Berbentuk Essay, contohnya :
Lengkapilah
kalimat berikut dengan perkataan yang benar !
1.
…………
adalah orang yang paling berjasa selain orang tua kita.
2.
Sebagai
wujud hormat kita kepada guru, maka kita mengucapkan ………… saat bertemu beliau.
3.
Pertemuan kita dengan guru akan diampuni
(dosa-dosanya) sebelum berpisah, jika kita dengan beliau ……….
4.
Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan
hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan ……….
bagi kita sendiri.
5.
Sebagai wujud bakti kita pada guru, maka kita
……………. Setelah selesai sholat.
6.
Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah
berfirman yang artinya : “Wahai
orang-orang yang beriman, janganlah kalian ………….. sesuatu yang bila dijawab
niscaya akan menyusahkan kalian.”
7.
…………
kepada guru dalam keadaan sehat / maupun sakit, merupakan wujud kedekatan lahir
batin kita kepada beliau.
8.
Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan
Al-Anbiya’ : 7 Alloh berfirman, yang
artinya : “Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu …………”
9.
Sebagai
pelajar, tentunya mengharapkan ilmu yang didapatnya……….
10.
Sebagai murid yang hormat dan berbakti, maka
kita tidak membuat guru kita ……… akibat kita berbuat yang tidak baik terhadap
mereka.
Kunci
Jawaban :
1.
Guru
2.
Salam
3.
Berjabat
tangan
4.
Bermanfaat
5.
Mendoakannya
6.
Menanyakan
7.
Silaturahim
8.
Tidak tahu
9.
Bermanfaat
10.
Marah
Skor Nilai :
Nilai = Jumlah Jawaban yang
benar x 1
3)
Berbentuk Jawaban Uraian, contohnya :
Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar !
1.
Guru adalah orang yang jasanya sangat besar
dalam membantu kita menuntut ilmu. Ada beberapa Cara kita berbakti kepada guru,
Sebutkanlah !
2.
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang
belum dimengerti dengan cara baik, merupakan tuntunan dalam Islam. Tuliskan
dalil Naqlinya !
3.
Sebagai Murid, kita harus menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang
dilatarbelakangi oleh niat yang buruk. Alloh berfirman didalam surat Al-Maidah
: 101 yang berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ
تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
Tuliskan arti
ayat tersebut !
4.
Di antara akhlaq kepada guru adalah : memuliakan, tidak
menghina atau mencaci-maki guru, sebagaimana sabda Rosululloh saw, yang
diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan Al-Hakim :
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَ
يَرْحَمْ صَغِيرَنَا
Apakah,
arti hadits tersebut ?
5.
Sebagai murid, kita harus memperhatikan ketika guru sedang
menjelaskan, sebagaimana hadits Abu Sa’id Al-Khudri ra, yang artinya : “Orang-orang
pun diam seakan-akan ada burung di atas kepala mereka.” ( HR. Al-Bukhori ).
Bagaimanakah bunyi hadits tersebut ?
Kunci
Jawaban :
1.
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan
menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum ; Bersikap
hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal ; Berbuat baik, bersikap
rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru ; Menyenangkan dan tidak menyakiti
perasaan, hati, dan badan guru ; Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan ;
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
; Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar
mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk ; Menegur guru
bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat ; Mengunjungi guru / bersilahturahim
baik dalam sehat maupun sakit ; Mendoakannya.
2.
Qs.
An-Nahl : 43 dan Al-Anbiya’ : 7
فَاسْأَلُوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ
“Bertanyalah kepada ahli dzikr (
yakni para ulama ) bila kamu tidak tahu.”
Rosululloh saw bersabda :
أَلاَ سَأَلُوْا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا فَإِنَّمَا شِفَاءُ
الْعِيِّ السُّؤَالُ
“Mengapa mereka tidak bertanya
ketika tidak tahu ? Bukankah obat dari ketidaktahuan adalah bertanya ?” ( HR.
Abu Dawud )
3.
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan
sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.”
4.
“Tidak termasuk
golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak
menyayangi orang yang lebih muda.” ( HSR. Ahmad dan At-Tirmidzi )
5.
Bunyi haditsnya adalah :
وَ سَكَتَ النَّاسُ كَأَنَّ عَلَى
رُءُوسِهِمْ الطَّيْرَ
Skor Nilai :
Jawaban
|
Interval
Nilai
|
Sangat
Sempurna
|
20
|
Sempurna
|
15-19
|
Kurang
Sempurna
|
11-15
|
Tidak
Sempurna
|
< 10
|
B. TES LESAN
Ujian lisan dilakukan ketika ujian tulis belum mencukupi. Untuk Tes
Lisan Objektif, Guru harus mengawali dengan cerita yang berkaitan dengan soal
yang akan kita sampaikan, yang berhubungan dengan perilaku anak sehari-hari.
Contohnya adalah :
1.
Salah
satu dari keindahan ajaran Islam adalah bahwa Islam mengajarkan kepada setiap
pemeluknya untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan atas muslim yang kita
yang kita jumpai. Untuk itu, apakah yang Anda sampaikan, ketika Anda berjumpa
dengan gurumu ?
2.
Agar pertemuan anda dengan guru diampuni
(dosa-dosanya) sebelum berpisah, apa yang anda lakukan disaat bertemu dengan
guru ?
3.
Tiada
seorang pun dalam kehidupan kita, selain kedua orangtua yang lebih berjasa
kecuali guru kita, maka bagaimanakah sikap anda terhadap guru ?
4.
Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah
berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ
تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah
kalian menanyakan sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.”
Maka bagaimanakah tatakramu Anda kepada guru ?
5.
Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan
Al-Anbiya’ : 7 Alloh berfirman :
فَاسْأَلُوْا
أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ
“Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para
ulama ) bila kamu tidak tahu.” Untuk itu, bagaimanakah jika Anda mengalami hal
yang tidak Anda mengerti ?
6.
Manusia
adalah tempatnya salah dan lupa. Bagaimanakah sikap Anda jika mengetahui guru
yang berbuat salah / lupa ?
7.
Sebagai
pelajar, tentunya mengharapkan ilmu yang didapatnya bermanfaat. Apakah hal-hal
yang sebaiknya Anda lakukan untuk memperolehnya ?
8.
Guru adalah orang yang sangat besar jasanya dalam
membangun diri kita. Apakah yang Anda lakukan untuknya disaat Anda selesai
mengerjakan sholat ?
9.
Dalam
rangka menjalin hubungan yang penuh berkah, apakah yang Anda lakukan untuk
gurumu ?
10.
Guru adalah orang yang jasanya sangat besar dalam
membantu kita menuntut ilmu. Ada beberapa Cara kita berbakti kepada guru, Sebutkanlah
salah satunya !
Kunci Jawaban :
1.
Salam
“Assalaamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu”
2.
Berjabat
tangan
3.
Hormat
dan sopan
4.
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak
ada faedahnya
5.
bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang
belum dimengerti dengan cara baik
6.
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan
cara yang penuh hormat
7.
Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan
hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan
bermanfaat bagi kita sendiri. Murid yang sopan dan rendah hati akan mudah
mendapatkan ilmu dan mendapatkan manfaatnya.
8.
Mendo`akannya
9.
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam
sehat maupun sakit
10.
Tidak membuat guru kita marah besar akibat kita
berbuat yang tidak baik terhadap mereka ; tidak menyakiti hatinya ; tidak
menyinggung perasaanya.
Instrument
penilaian
NO
|
NAMA
|
SOAL
|
SKOR
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
penilaian :
Jawaban
|
Interval
Nilai
|
Sangat Sempurna
|
10
|
Sempurna
|
8-9
|
Kurang Sempurna
|
6-7
|
Tidak Sempurna
|
< 6
|
B.
PENUGASAN
Contoh
Instrumen Penugasan
1.
Kompetensi
Inti :
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.
Kompetensi
Dasar :
2.2
Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra
(17) : 23 dan hadits terkait
3.
Jenis
tugas
: kelompok
4.
Tanggal pemberian
tugas : 15 Juli 2013
5.
Waktu pelaksanaan
: 17
s.d 20 Juli 2013
6.
Batas waktu
pengumpulan : 21 Juli 2013
7.
Deskripsi tugas : Menunjukkan
perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Bentuk
tugas : mencari/menemukan figur yang perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Tempat
: lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal
Waktu
: di luar jam pelajaran
Target
: figur yang perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Jumlah
orang : minimal 5 orang
Bentuk
laporan : dokumentasi
Bukti
fisik : terlampir
Mengetahui
Kepala SMUN Kediri
|
Kediri, 05 Juli 2013
Guru Mata Pelajaran
|
GATOT ANWAR
|
ALFIATU SOLIKAH
|
3. CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN
PAI DENGAN :
A. TES PRAKTEK
HORMAT DAN BERBAKTI KEPADA GURU
Praktek I
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
Ket
|
||
Sempurna
|
Kurang Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|||
1
|
Ketika bertemu Guru
|
|
|
|
Sempurna : 3
Kurang
sempurna : 2
Tidak
sempurna : 1
|
|
a.
Memberi
salam
|
|
|
|
|
|
b. Berjabat tangan
|
|
|
|
|
|
c.
Menghadapinya
dengan tersenyum
|
|
|
|
|
|
d. Bersikap hormat & santun
|
|
|
|
|
|
e.
Bersikap
rendah hati dan berbicara lemah lembut
|
|
|
|
Praktek II
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
Ket
|
||
Sempurna
|
Kurang Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|||
2
|
Ketika mengikuti Pelajaran di Kelas
|
|
|
|
Sempurna : 3
Kurang sempurna : 2
Tidak sempurna : 1
|
|
a.
Memperhatikan
ketika guru sedang menjelaskan
|
|
|
|
|
|
b. Bertanya kepada guru bila ada
sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik
|
|
|
|
|
|
c.
Menghindari
pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya
|
|
|
|
|
|
d. Menegur guru bila melakukan
kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
|
|
|
Praktek III
No
|
Indikator
|
Penilaian
|
Ket
|
||
Sempurna
|
Kurang Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|||
3
|
Ketika di luar Sekolah
|
|
|
|
Sempurna
: 3
Kurang
sempurna : 2
Tidak sempurna : 1
|
|
a.
Bersilaturahim baik ketika guru sehat maupun sakit
|
|
|
|
|
|
b.
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan
guru
|
|
|
|
|
|
c.
Menjunjung
tinggi nama baiknya / tidak pernah menggunjing guru
|
|
|
|
|
|
d.
Mendoakan
guru
|
|
|
|
Skor Penilaian:
N = (Skor
pencapaian : Skor maksimal) x 100
B.
PROYEK :
Proyek adalah suatu
tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis
maupun lisan dalam waktu tertentu.
Dalam
penilaian projek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1.
Kemampuan
pengelolaan
Kemampuan
peserta didik dalam mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data
serta penulisan laporan,
2.
Relevansi
Kesesuaian
dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif
peserta didik,
3.
Keaslian
Projek
yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya dengan bimbingan
pendidik dan dukungan berbagai pihak yang terkait.
Contoh
Soal :
Carilah
informasi yang berkembang di sekitar
tempat tinggalmu, rencanakan penelitian, lakukan penelitian, dan buatlah
laporan hasil penelitian. Dalam membuat laporan perhatikan: kebenaran
informasi/data, kelengkapan data, sistematika laporan, dan penggunaan bahasa!
Catatan
: Isu berhubungan Hormat dan berbakti kepada guru
Kegiatan Persiapan / Perancangan :
1.
Tujuan : Menunjukkan pentingnya perilaku
hormat dan berbakti kepada guru, dengan mengambil teladan dari orang-orang
yang sukses dan disegani.
2.
Topik : Hormat dan berbakti kepada guru
3.
Alasan :
Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
4.
Tempat penelitian : kampung tempat tinggal siswa
5.
Responden : orang-orang yang sukses dan
disegani di kampungnya
6.
Daftar pertanyaan dengan lengkap :
1)
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan
menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
2)
Bersikap hormat dan sopan santun kepada
guru dalam segala hal
3)
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
kepada guru
4)
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
5)
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia
mengerti dengan cara baik
6)
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan
7)
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya,
sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
8)
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh
hormat
9)
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun
sakit
10)
Mendo`akan guru
Skor Penilaian Persiapan:
No.
|
Aspek
|
Kriteria / Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Tujuan
|
|
|
|
Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
|
2.
|
Topik
|
|
|
|
|
3
|
Alasan
|
|
|
|
|
4
|
Tempat Penelitian
|
|
|
|
|
5
|
Responden
|
|
|
|
|
6
|
Daftar Pertanyaan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
N = (Skor
pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 18 ) x 100
N = 18/18 x 100
N = 100
Tahap
Pelaksanaan / Pengumpulan Data
Meliputi
:
a.
Pengumpulan informasi
b.
Keakuratan data/informasi
c.
Kelengkapan data
d.
Analisis data
e. Kesimpulan
No.
|
Kriteria
|
Terpenuhi
|
Tidak Terpenuhi
|
1.
|
Memberi salam kepada guru setiap
bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah
yang tersenyum
|
|
|
2.
|
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal
|
|
|
3.
|
Berbuat baik, bersikap rendah hati
dan berbicara lemah lembut kepada guru.
|
|
|
4.
|
Menyenangkan dan tidak menyakiti
perasaan, hati, dan badan guru
|
|
|
5.
|
Memperhatikan ketika guru sedang
menjelaskan
|
|
|
6.
|
Bertanya kepada guru bila ada
sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
|
|
|
7.
|
Menghindari pertanyaan-pertanyaan
yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi
oleh niat yang buruk
|
|
|
8.
|
Menegur guru bila melakukan
kesalahan dengan cara yang penuh hormat
|
|
|
9.
|
Mengunjungi guru / bersilahturahim
baik dalam sehat maupun sakit
|
|
|
10.
|
Mendo`akan guru
|
|
|
Skor Penilaian Pelaksanaan /
Pengumpulan Informasi :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Pengumpulan
informasi
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2, Tidak tepat = 1
|
2.
|
Keakuratan
data/informasi
|
|
|
|
Akurat
= 3
Kurang
= 2
Tidak
akurat = 1
|
3.
|
Kelengkapan
data
|
|
|
|
Lengkap
= 3
Kurang
= 2
Tdak
lengkap = 1
|
4.
|
Analisis
data
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
5.
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2 Tidak tepat = 1
|
Jumlah
|
|
|
|
|
N = (Skor
pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 15 ) x 100
N = 15/15 x 100
N = 100
Pelaporan Tertulis
Memenuhi
criteria penulisan KTI
1.
Latar belakang
2.
Tujuan : Menunjukkan pentingnya
perilaku hormat dan berbakti kepada guru, dengan mengambil teladan dari orang-orang
yang sukses dan disegani.
3.
Topik : Perilaku hormat dan
berbakti kepada guru
4.
Alasan :
Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
5.
Tempat penelitian : kampung tempat tinggal siswa
6.
Responden : orang-orang yang sukses dan
disegani di kampungnya
7.
Daftar pertanyaan dengan lengkap.
8.
Saran
Skor Penilaian
Pelaporan Hasil :
No
|
Aspek
|
Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Sistematika
laporan
|
|
|
|
Baik = 3
Kurang Baik =
2
Tidak Baik =
1
|
2.
|
Penggunaan
bahasa
|
|
|
|
Komunikatif = 3
Kurang komunikatif = 2
Tidak Komunikatif = 1
|
3.
|
Penulisan/ejaan
|
|
|
|
Tepat = 3
Kurang tepat
= 2
Tidak tepat =
1
|
4.
|
Tampilan
|
|
|
|
Menarik = 3
Kurang Menarik
= 2
Tidak menarik
= 1
|
Jumlah
|
|
|
|
|
N =
(Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor
pencapaian : 12 ) x 100
N = 12/12 x 100
N = 100
Format Penskoran Total Tugas Proyek
Tahap
|
No
|
Aspek
|
Kriteria / Skor
|
Keterangan
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
Persiapan
|
1
|
Tujuan
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2
Tidak
tepat = 1
|
2
|
Topik
|
|
|
|
||
3
|
Alasan
|
|
|
|
||
4
|
Tempat Penelitian
|
|
|
|
||
5
|
Responden
|
|
|
|
||
6
|
Daftar Pertanyaan
|
|
|
|
||
Pelaksanaan
|
7
|
Pengumpulan
informasi
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2, Tidak tepat = 1
|
8
|
Keakuratan
data/informasi
|
|
|
|
Akurat
= 3
Kurang
= 2
Tidak
akurat = 1
|
|
9
|
Kelengkapan
data
|
|
|
|
Lengkap
= 3
Kurang
= 2
Tdak
lengkap = 1
|
|
10
|
Analisis
data
|
|
|
|
Baik
= 3
Cukup
= 2
Kurang
= 1
|
|
11
|
Kesimpulan
|
|
|
|
Tepat
= 3
Kurang
tepat = 2 Tidak tepat = 1
|
|
Pelaporan
Hasil
|
12
|
Sistematika
laporan
|
|
|
|
Baik = 3
Kurang Baik =
2
Tidak Baik =
1
|
13
|
Penggunaan
bahasa
|
|
|
|
Komunikatif =
3
Kurang
komunikatif = 2
Tidak
Komunikatif = 1
|
|
14
|
Penulisan/ejaan
|
|
|
|
Tepat = 3
Kurang tepat
= 2
Tidak tepat =
1
|
|
15
|
Tampilan
|
|
|
|
Menarik = 3
Kurang
Menarik = 2
Tidak menarik
= 1
|
|
Skor
Nilai
|
|
|
|
|
N = (Skor
pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor
pencapaian : 45 ) x 100
N = 45/45 x 100
N = 100
C.
PORTOFOLIO
Mata Palajaran/Bidang Studi :
Agama & Budi Pekerti
Semester : I
Kelas :
XII
Sekolah : SMU
Kompetensi
Inti :
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi
Dasar
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23
dan hadits terkait
Thema
Menunjukkan Perilaku
hormat dan berbakti kepada guru
Tahap
|
Unjuk Kerja Terbaik
|
Skor
|
Keterangan / Refleksi dari Guru /
Siswa yang lain
|
|
Kuant
|
Kual
|
|||
I
|
Ketika bertemu Guru : Memberi
salam, berjabat Tangan, menghadapinya dengan tersenyum, bersikap hormat &
santun, Bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
|
80
|
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti
kepada guru, ketika bertemu)
|
Guru : perlu terus berlatih
agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru
saat bertemu
|
65
|
Cukup
(Kadang-kadang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru,
ketika bertemu)
|
|||
55
|
Kurang (Kurang berperilaku hormat dan berbakti
kepada guru, ketika bertemu)
|
II
|
Ketika
mengikuti Pelajaran di Kelas : Memperhatikan
ketika guru sedang menngajar, Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang
belum dimengerti dengan cara baik, Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang
tidak ada faedahnya dan Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan penuh
hormat
|
80
|
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti
kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
|
Guru : perlu terus berlatih
agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru ketika
mengikuti Pelajaran di Kelas)
|
65
|
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan
berbakti kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
|
|||
55
|
Kurang (Kurang berperilaku hormat dan berbakti
kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
|
|||
III
|
Ketika di luar Sekolah :
Bersilaturahim baik ketika guru sehat maupun sakit, Menyenangkan dan tidak
menyakiti, menjunjung tinggi nama baik guru dan tidak menggunjingnya serta
mendoakan guru
|
80
|
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti
kepada guru, ketika di luar sekolah)
|
Guru : perlu terus berlatih
agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru ketika
ketika di luar sekolah)
|
65
|
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan
berbakti kepada guru, ketika di luar sekolah)
|
|||
55
|
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan
berbakti kepada guru, ketika di luar sekolah)
|
Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi.
BalasHapusMohon izin untuk menganalisis (menambah atau mengurangi) selanjutnya akan saya diskusikan dengan guru SD, terima kasih bermanfaat sebagai bahan diskusi
BalasHapus