Selasa, 09 Juli 2013

Contoh-contoh Instrumen Penilaian



PENGANTAR

Berikut ini beberapa contoh Instrumen penilaian, yang meliputi :
1.      Contoh Instrumen Penilaian Kompetensi sikap, yang terdiri dari :
a.       instrumen penilaian Observasi
b.      instrumen penilaian Jurnal
c.       instrumen penilaian Penilaian Diri
d.      instrumen penilaian Penilaian antar teman
2.      Contoh Instrumen Penilaian Kompetensi pengetahuan yang terdiri dari :
a.       Tes tulis
b.      Tes lisan
c.       Penugasan
3.      Contoh Instrumen Penilaian Kompetensi Ketrampilan, yang terdiri dari :
a.       Tes Praktek
b.      Proyek
c.       Portofolio

Seluruh contoh instrument ini, mengacu pada  :
Mata Pelajaran          : Agama & Budi Pekerti
Kelas                           : XII

Kompetensi Inti :
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait

Semoga bermanfaat. Amin ya Robbal ‘alamin.
1.        CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DENGAN :
A.   OBSERVASI
Lembar  observasi bentuk daftar cek (check list) untuk Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
No
Aspek yang diukur
Ya
Tidak
1
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum


2
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.


3
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.


4
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru


5
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan


6
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik


7
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk


8
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat


9
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit


10
Mendo`akan guru



Jika diwujudkan dalam bentuk skala penilaian, maka harus dibuat kriteria dari tiap skala yang dibuat untuk setiap indikator. Misal skor  1 jika tidak muncul, skor 2 jika sudah muncul tetapi salah, skor 3 jika sudah muncul tetapi belum sempurna/lengkap, dan 4 bila muncul/dilakukan dengan sempurna.

Lembar Observasi Hormat Kepada Guru
Nama               : .................................................
No. Absen       : ................................................
Kelas               : XII

No
Aspek yang diukur
Skor
1
2
3
4
1
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum




2
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.




3
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.




4
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru




5
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan




6
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik




7
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk




8
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat




9
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit




10
Mendo`akan guru




Jumlah Skor





Keterangan skor :
1 = Tidak Pernah
2 = Kadang-kadang
3 = Sering
4 = Selalu

Pengolahan Nilai :
Skor yang dicapai peserta didik dapat diolah menjadi nilai sebagai berikut.
N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100.



B. JURNAL
No
Aspek 
Skor
Keterangan
3
2
1
1.
Judul



Jelas = 3
Kurang jelas = 2,
Tidak jelas = 1
2.
Abstrak



Jelas = 3
Kurang jelas = 2,
Tidak jelas = 1
3.
Pendahuluan



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
4.
Landasan Teori



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
5.
Bahan



Lengkap = 3
Kurang = 2
Tidak lengkap = 1
6.
Methode



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
7.
Hasil



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
8.
Pembahasan



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
9.
Kesimpulan



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
10
Daftar Pustaka



Akurat = 3
Kurang = 2
Tidak akurat = 1
Jumlah





N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 30 ) x 100
N = 30/30 x 100
N =  100


PENILAIAN DIRI
Instrumen Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Nama               : .................................................
No. Absen       : ................................................
Kelas               : XII
No
Indikator
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
1
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum




2
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.




3
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.




4
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru




5
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan




6
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik




7
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk




8
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat




9
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit




10
Mendo`akan guru




Jumlah







Keterangan skor :
1 = Tidak Pernah
2 = Kadang-kadang
3 = Sering
4 = Selalu

Kediri,…Juni 2013


(________________________)
Nama terang & tanda tangan


Pengolahan Nilai :
Skor yang dicapai peserta didik dapat diolah menjadi nilai sebagai berikut.
N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100



B.       PENILAIAN ANTAR TEMAN  (PEER ASSESSMENT)
Jika kemudian lembar observasi ini dilakukan oleh siswa sesama anggota kelompok, akan dapat diubah menjadi lembar penilaian antar teman (peer assessment) dalam format sebagai berikut.
Petunjuk :
1.      Amatilah perilaku temanmu dengan cemat !
2.      Setiap hal yang dinilai diberi nilai berupa :
-          Angka 9-10 bila kamu nilai baik
-          Angka 7-8 bila kamu nilai cukup
-          Angka 5-6 jika kamu rasa jelek
3.      Berilah nilai pada dirimu sendiri, sehingga cantumkan namamu pada nomor pertama, baru kemudian berilah nilai kepada temanmu
4.      Jumlahlah seluruh nilai yang telah kamu berikan untuk masing-masing anggota dalam kelompokmu!
5.      Serahkan hasil pengamatan kepada bapak/ibu guru !

Lembar penilaian antar teman (peer assessment)
terhadap perilaku hormat dan berbakti kepada guru
No
Nama siswa
Hal yang dinilai
Jumlah skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1
(Nama siswa yang bersangkutan)











2
(Nama siswa yang lain)











3
(Nama siswa yang lain)











4
(Nama siswa yang lain)











dst
(Nama siswa yang lain)














Keterangan hal yang dinilai:
1.
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
2.
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal.
3.
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.
4.
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
5.
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan
6.
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
7.
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
8.
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
9.
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
10.
Mendo`akan guru


2.    CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN PAI DENGAN :
A.      TES TULIS
1)   Berbentuk Pilihan Ganda, contohnya :
Pilihlah  Jawaban yang Paling Benar, dengan memberi Tanda silang (X), pada huruf didepannya !
1.    Dalam kehidupan, ada orang yang paling berjasa selain orang tua, Siapakah dia ?
A.    Kakek / Nenek
B.     Dokter Penolong kelahiran kita
C.     Saudara
D.    Guru

2.    Salah satu dari keindahan ajaran Islam adalah bahwa Islam mengajarkan kepada setiap pemeluknya untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan atas muslim yang kita yang kita jumpai. Untuk itu, apa yang kita ucapkan jika kita bertemu dengan guru kita ?
A.    Takbir
B.     Salam
C.     Tahlil
D.    Tahmid

3.    Agar pertemuan anda dengan guru diampuni (dosa-dosanya) sebelum berpisah, maka yang harus dilakukan disaat bertemu dengan guru adalah :
A.    Menatapnya dengan senyum ta’dhim
B.     Menganggukan kepala sebagai tanda sapa
C.     Berjabat tangan
D.    Mendoakannya



4.    Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
Maka bagaimanakah tatakrama Anda kepada guru ?
A.      Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya
B.       Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik
C.       Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
D.      Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan hati yng ikhlas, perasaan

5.    Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan Al-Anbiya’ : 7  Alloh berfirman :
فَاسْأَلُوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ
Arti ayat tersebut adalah :
A.    “Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu tidak tahu.”
B.      “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.”
C.     Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.
D.    “Mengapa mereka tidak bertanya ketika tidak tahu ? Bukankah obat dari ketidaktahuan adalah bertanya ?”



6.    Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Bagaimanakah sikap Anda jika mengetahui guru yang berbuat salah / lupa ?
A.    Menghormatinya
B.     Menasehatinya
C.     Membiarkannya
D.    Menegur guru dengan cara yang penuh hormat

7.    Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan bermanfaat bagi kita sendiri. Murid yang sopan dan rendah hati akan mudah mendapatkan ilmu dan mendapatkan ……
A.    Hidayah
B.     Taufiq
C.     Kecerdasan
D.    Manfaat ilmu

8.    Guru adalah orang yang sangat besar jasanya dalam membangun diri kita. Apakah yang Anda lakukan untuknya disaat Anda selesai mengerjakan sholat ?
A.    Belajar
B.     Membaca Al-Qur’an
C.     Mendoakan guru
D.    Mempraktekkan ilmu yang telah didapat dari guru

9.    Ada beberapa hal sebagai wujud hormat kita kepada guru. Salah satunya adalah :
A.    Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
B.     Sering bertanya meskipun melalui SMS
C.     Selalu menjabat tangan guru dalam satu pertemuan
D.    Saat guru lupa, kita membiarkan dan tetap menghormatinya

10.  Berikut ini adalah beberapa cara kita berbakti kepada guru, kecuali :
A.    Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
B.     Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal
C.     Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru
D.    Menyenangkan guru, dengan mengirim SMS humor

Kunci Jawaban :
1.             D. Guru
2.             B. Salam
3.             C. Berjabat tangan
4.             A. Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya
5.             A. “Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu tidak tahu.”
6.             D. Menegur guru dengan cara yang penuh hormat
7.             D. Manfaat ilmu
8.             C. Mendoakan guru
9.             A. Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
10.         D. Menyenangkan guru, dengan mengirim SMS humor

Skor Nilai :
Nilai  = Jumlah Jawaban yang benar x 10



2)   Berbentuk Essay, contohnya :
Lengkapilah kalimat berikut dengan perkataan yang benar !
1.         ………… adalah orang yang paling berjasa selain orang tua kita.
2.         Sebagai wujud hormat kita kepada guru, maka kita mengucapkan ………… saat bertemu beliau.
3.         Pertemuan kita dengan guru akan diampuni (dosa-dosanya) sebelum berpisah, jika kita dengan beliau ……….
4.         Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan ………. bagi kita sendiri.
5.         Sebagai wujud bakti kita pada guru, maka kita ……………. Setelah selesai sholat.
6.         Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah berfirman yang artinya :  “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian ………….. sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.”
7.         ………… kepada guru dalam keadaan sehat / maupun sakit, merupakan wujud kedekatan lahir batin kita kepada beliau.
8.         Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan Al-Anbiya’ : 7  Alloh berfirman, yang artinya : “Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu …………”
9.         Sebagai pelajar, tentunya mengharapkan ilmu yang didapatnya……….
10.     Sebagai murid yang hormat dan berbakti, maka kita tidak membuat guru kita ……… akibat kita berbuat yang tidak baik terhadap mereka.

Kunci Jawaban :
1.         Guru
2.         Salam
3.         Berjabat tangan
4.         Bermanfaat
5.         Mendoakannya
6.         Menanyakan
7.         Silaturahim
8.         Tidak tahu
9.         Bermanfaat
10.     Marah
Skor Nilai :
Nilai  = Jumlah Jawaban yang benar x 1


3)   Berbentuk Jawaban Uraian, contohnya :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1.         Guru adalah orang yang jasanya sangat besar dalam membantu kita menuntut ilmu. Ada beberapa Cara kita berbakti kepada guru, Sebutkanlah !
2.         Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik, merupakan tuntunan dalam Islam. Tuliskan dalil Naqlinya !
3.         Sebagai Murid, kita harus menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk. Alloh berfirman didalam surat Al-Maidah : 101 yang berbunyi :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
Tuliskan arti ayat tersebut !
4.         Di antara akhlaq kepada guru adalah : memuliakan, tidak menghina atau mencaci-maki guru, sebagaimana sabda Rosululloh saw, yang diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan Al-Hakim :
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا
Apakah, arti hadits tersebut ?
5.         Sebagai murid, kita harus memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan, sebagaimana hadits Abu Sa’id Al-Khudri ra, yang artinya : “Orang-orang pun diam seakan-akan ada burung di atas kepala mereka.” ( HR. Al-Bukhori ). Bagaimanakah bunyi hadits tersebut ?

Kunci Jawaban :
1.         Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum ; Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal ; Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru ; Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru ; Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan ; Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik ; Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk ; Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat ; Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit ; Mendoakannya.
2.         Qs. An-Nahl : 43 dan Al-Anbiya’ : 7
فَاسْأَلُوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ
“Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu tidak tahu.”
Rosululloh saw bersabda :
أَلاَ سَأَلُوْا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا فَإِنَّمَا شِفَاءُ الْعِيِّ السُّؤَالُ
“Mengapa mereka tidak bertanya ketika tidak tahu ? Bukankah obat dari ketidaktahuan adalah bertanya ?” ( HR. Abu Dawud )
3.         “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.”
4.         “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak menyayangi orang yang lebih muda.” ( HSR. Ahmad dan At-Tirmidzi )
5.         Bunyi haditsnya adalah :
وَ سَكَتَ النَّاسُ كَأَنَّ عَلَى رُءُوسِهِمْ الطَّيْرَ
Skor Nilai :
Jawaban
Interval Nilai
Sangat Sempurna
20
Sempurna
15-19
Kurang Sempurna
11-15
Tidak Sempurna
< 10



B. TES LESAN
Ujian lisan dilakukan ketika ujian tulis belum mencukupi. Untuk Tes Lisan Objektif, Guru harus mengawali dengan cerita yang berkaitan dengan soal yang akan kita sampaikan, yang berhubungan dengan perilaku anak sehari-hari. Contohnya adalah :
1.        Salah satu dari keindahan ajaran Islam adalah bahwa Islam mengajarkan kepada setiap pemeluknya untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan atas muslim yang kita yang kita jumpai. Untuk itu, apakah yang Anda sampaikan, ketika Anda berjumpa dengan gurumu ?
2.        Agar pertemuan anda dengan guru diampuni (dosa-dosanya) sebelum berpisah, apa yang anda lakukan disaat bertemu dengan guru ?
3.        Tiada seorang pun dalam kehidupan kita, selain kedua orangtua yang lebih berjasa kecuali guru kita, maka bagaimanakah sikap anda terhadap guru ?
4.        Dalam al-Qur’an surat Al-Maidah : 101, Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَ تَسْأَلُوْا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian menanyakan sesuatu yang bila dijawab niscaya akan menyusahkan kalian.” Maka bagaimanakah tatakramu Anda kepada guru ?
5.        Didalam al-Qur’an Surat An-Nahl : 43 dan Al-Anbiya’ : 7  Alloh berfirman :
فَاسْأَلُوْا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لاَ تَعْلَمُوْنَ
“Bertanyalah kepada ahli dzikr ( yakni para ulama ) bila kamu tidak tahu.” Untuk itu, bagaimanakah jika Anda mengalami hal yang tidak Anda mengerti ?
6.        Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Bagaimanakah sikap Anda jika mengetahui guru yang berbuat salah / lupa ?
7.        Sebagai pelajar, tentunya mengharapkan ilmu yang didapatnya bermanfaat. Apakah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk memperolehnya ?
8.        Guru adalah orang yang sangat besar jasanya dalam membangun diri kita. Apakah yang Anda lakukan untuknya disaat Anda selesai mengerjakan sholat ?
9.        Dalam rangka menjalin hubungan yang penuh berkah, apakah yang Anda lakukan untuk gurumu ?
10.    Guru adalah orang yang jasanya sangat besar dalam membantu kita menuntut ilmu. Ada beberapa Cara kita berbakti kepada guru, Sebutkanlah salah satunya !

Kunci Jawaban :
1.        Salam “Assalaamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu”
2.        Berjabat tangan
3.        Hormat dan sopan
4.        Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya
5.        bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik
6.        Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
7.        Menerima pelajaran yang diberikan guru dengan hati yang ikhlas, perasaan senang, mematuhi perintahnya yang tentunya akan bermanfaat bagi kita sendiri. Murid yang sopan dan rendah hati akan mudah mendapatkan ilmu dan mendapatkan manfaatnya.
8.        Mendo`akannya
9.        Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
10.    Tidak membuat guru kita marah besar akibat kita berbuat yang tidak baik terhadap mereka ; tidak menyakiti hatinya ; tidak menyinggung perasaanya.
Instrument penilaian
NO
NAMA
SOAL
SKOR
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1












2












3












4












5












dst













Keterangan penilaian :
Jawaban
Interval Nilai
Sangat Sempurna
10
Sempurna
8-9
Kurang Sempurna
6-7
Tidak Sempurna
< 6



B.       PENUGASAN
Contoh  Instrumen Penugasan
1.         Kompetensi Inti :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.         Kompetensi Dasar :
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait

3.         Jenis tugas                            : kelompok
4.         Tanggal pemberian tugas     :  15 Juli 2013
5.         Waktu pelaksanaan              :  17 s.d 20 Juli 2013
6.         Batas waktu pengumpulan   :  21 Juli 2013
7.         Deskripsi tugas : Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Bentuk tugas : mencari/menemukan figur yang perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Tempat          : lingkungan sekolah, lingkungan tempat tinggal
Waktu           : di luar jam pelajaran
Target            : figur yang perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Jumlah orang  : minimal 5 orang
Bentuk laporan : dokumentasi
Bukti fisik     : terlampir
Mengetahui
Kepala SMUN Kediri
Kediri,  05 Juli 2013
Guru Mata Pelajaran



GATOT ANWAR




ALFIATU SOLIKAH



3.  CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN PAI  DENGAN :
A. TES PRAKTEK
HORMAT DAN BERBAKTI KEPADA GURU
Praktek I

No
Indikator
Penilaian
Ket
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak Sempurna
1
Ketika bertemu Guru



Sempurna                : 3
Kurang sempurna    : 2
Tidak sempurna       : 1

a.   Memberi salam




b.  Berjabat tangan




c.   Menghadapinya dengan tersenyum




d.  Bersikap hormat & santun




e.   Bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut




Praktek II
No
Indikator
Penilaian
Ket
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak Sempurna
2
Ketika mengikuti Pelajaran di Kelas



Sempurna               : 3
Kurang sempurna   : 2
Tidak sempurna      : 1

a.   Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan




b.  Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik




c.   Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya




d.  Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat






Praktek III
No
Indikator
Penilaian
Ket
Sempurna
Kurang Sempurna
Tidak Sempurna
3
Ketika di luar Sekolah



Sempurna : 3
Kurang sempurna    : 2
Tidak sempurna       : 1

a.   Bersilaturahim baik ketika guru sehat maupun sakit




b.  Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru




c.   Menjunjung tinggi nama baiknya / tidak pernah menggunjing guru




d.  Mendoakan guru




Skor Penilaian:
 
  N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
 

 
 
 

 
 
 


B.       PROYEK :
Proyek adalah suatu tugas yang melibatkan kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
Dalam penilaian projek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1.    Kemampuan pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan,
2.    Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap perkembangan kognitif peserta didik,
3.    Keaslian
Projek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya dengan bimbingan pendidik dan dukungan berbagai pihak yang terkait.

Contoh Soal :
Carilah informasi  yang berkembang di sekitar tempat tinggalmu, rencanakan penelitian, lakukan penelitian, dan buatlah laporan hasil penelitian. Dalam membuat laporan perhatikan: kebenaran informasi/data, kelengkapan data, sistematika laporan, dan penggunaan bahasa!
Catatan : Isu berhubungan Hormat dan berbakti kepada guru

Kegiatan Persiapan / Perancangan :
1.    Tujuan : Menunjukkan pentingnya perilaku hormat dan berbakti kepada guru, dengan mengambil teladan dari orang-orang yang sukses dan disegani.
2.    Topik : Hormat dan berbakti kepada guru
3.    Alasan :  Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
4.    Tempat penelitian  : kampung tempat tinggal siswa
5.    Responden : orang-orang yang sukses dan disegani di kampungnya  
6.    Daftar pertanyaan dengan lengkap :
1)      Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum
2)      Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal
3)      Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru
4)      Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru
5)      Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik
6)      Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan
7)      Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
8)      Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat
9)      Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit
10)  Mendo`akan guru
Skor Penilaian Persiapan:

No.

Aspek
Kriteria / Skor

Keterangan
3
2
1
1.
Tujuan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
2.
Topik



3
Alasan



4
Tempat Penelitian



5
Responden



6
Daftar Pertanyaan




Jumlah





N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 18 ) x 100
N = 18/18 x 100
N =  100
Tahap Pelaksanaan / Pengumpulan Data
Meliputi :
a. Pengumpulan informasi
b. Keakuratan data/informasi
c. Kelengkapan data
d. Analisis data
e. Kesimpulan
No.
Kriteria
Terpenuhi
Tidak Terpenuhi
1.
Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum


2.
Bersikap hormat dan sopan santun kepada guru dalam segala hal



3.
Berbuat baik, bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut kepada guru.


4.
Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan, hati, dan badan guru


5.
Memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan


6.
Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dia mengerti dengan cara baik


7.
Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk



8.
Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan cara yang penuh hormat


9.
Mengunjungi guru / bersilahturahim baik dalam sehat maupun sakit


10.
Mendo`akan guru





Skor Penilaian Pelaksanaan / Pengumpulan Informasi :
No
Aspek 
Skor
Keterangan
3
2
1
1.
Pengumpulan informasi



Tepat = 3
Kurang tepat = 2, Tidak tepat = 1
2.
Keakuratan data/informasi



Akurat = 3
Kurang = 2
Tidak akurat = 1
3.
Kelengkapan data



Lengkap = 3
Kurang = 2
Tdak lengkap = 1
4.
Analisis data



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
5.
Kesimpulan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2 Tidak tepat = 1
Jumlah





N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 15 ) x 100
N = 15/15 x 100
N =  100

Pelaporan Tertulis
Memenuhi criteria penulisan KTI
1.      Latar belakang
2.      Tujuan : Menunjukkan pentingnya perilaku hormat dan berbakti kepada guru, dengan mengambil teladan dari orang-orang yang sukses dan disegani.
3.      Topik : Perilaku hormat dan berbakti kepada guru
4.      Alasan :  Menerapkan perilaku hormat dan berbakti kepada guru
5.      Tempat penelitian  : kampung tempat tinggal siswa
6.      Responden : orang-orang yang sukses dan disegani di kampungnya  
7.      Daftar pertanyaan dengan lengkap.
8.      Saran
Skor Penilaian Pelaporan Hasil :
No
Aspek 
Skor
Keterangan
3
2
1
1.
Sistematika laporan



Baik = 3
Kurang Baik = 2
Tidak Baik = 1
2.
Penggunaan bahasa



Komunikatif = 3
Kurang komunikatif = 2
Tidak Komunikatif = 1
3.
Penulisan/ejaan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
4.
Tampilan



Menarik = 3
Kurang Menarik = 2
Tidak menarik = 1
Jumlah





N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 12 ) x 100
N = 12/12 x 100
N =  100



Format Penskoran Total Tugas Proyek

Tahap

No

Aspek
Kriteria / Skor

Keterangan
3
2
1
Persiapan
1
Tujuan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
2
Topik



3
Alasan



4
Tempat Penelitian



5
Responden



6
Daftar Pertanyaan



Pelaksanaan
7
Pengumpulan informasi



Tepat = 3
Kurang tepat = 2, Tidak tepat = 1
8
Keakuratan data/informasi



Akurat = 3
Kurang = 2
Tidak akurat = 1
9
Kelengkapan data



Lengkap = 3
Kurang = 2
Tdak lengkap = 1
10
Analisis data



Baik = 3
Cukup = 2
Kurang = 1
11
Kesimpulan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2 Tidak tepat = 1
Pelaporan Hasil
12
Sistematika laporan



Baik = 3
Kurang Baik = 2
Tidak Baik = 1
13
Penggunaan bahasa



Komunikatif = 3
Kurang komunikatif = 2
Tidak Komunikatif = 1
14
Penulisan/ejaan



Tepat = 3
Kurang tepat = 2
Tidak tepat = 1
15
Tampilan



Menarik = 3
Kurang Menarik = 2
Tidak menarik = 1
Skor Nilai






N = (Skor pencapaian : Skor maksimal) x 100
N = (Skor pencapaian : 45 ) x 100
N = 45/45 x 100
N =  100


C.      PORTOFOLIO

Mata Palajaran/Bidang Studi   : Agama & Budi Pekerti
Semester                                      : I
Kelas                                            : XII
Sekolah                                        : SMU
Kompetensi Inti :
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan berbakti kepada orangtua dan guru Q.S. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait

Thema
Menunjukkan Perilaku hormat dan berbakti kepada guru
Tahap
Unjuk Kerja Terbaik
Skor
Keterangan / Refleksi dari Guru / Siswa yang lain
Kuant
Kual
I
Ketika bertemu Guru :  Memberi salam, berjabat Tangan, menghadapinya dengan tersenyum, bersikap hormat & santun, Bersikap rendah hati dan berbicara lemah lembut
 80
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika bertemu)
Guru : perlu terus berlatih agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru saat bertemu
65
Cukup  (Kadang-kadang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika bertemu)
55
Kurang (Kurang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika bertemu)


II
Ketika mengikuti Pelajaran di Kelas : Memperhatikan ketika guru sedang menngajar, Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum dimengerti dengan cara baik, Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya dan Menegur guru bila melakukan kesalahan dengan penuh hormat

80
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
Guru : perlu terus berlatih agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
65
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
55
Kurang (Kurang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika mengikuti Pelajaran di Kelas)
III
Ketika di luar Sekolah : Bersilaturahim baik ketika guru sehat maupun sakit, Menyenangkan dan tidak menyakiti, menjunjung tinggi nama baik guru dan tidak menggunjingnya serta mendoakan guru
80
Baik (Selalu berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika di luar sekolah)
Guru : perlu terus berlatih agar terbiasa, sehingga mampu berperilaku horamt & berbakti kepada guru ketika ketika di luar sekolah)
65
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika di luar sekolah)
55
Cukup (Kadang-kadang berperilaku hormat dan berbakti kepada guru, ketika di luar sekolah)


2 komentar:

  1. Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi.

    BalasHapus
  2. Mohon izin untuk menganalisis (menambah atau mengurangi) selanjutnya akan saya diskusikan dengan guru SD, terima kasih bermanfaat sebagai bahan diskusi

    BalasHapus

Revitalization of intellectual consciousness HMI-Wati dalam Membangun Eksistensi KOHATI Komisariat IAIN Kediri yang Progresif

Pendahuluan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), didirikan di Yogyakarta oleh Lafran Pane bersama 14 orang temannya pada tanggal 14 Februari 19...